Capres yang Didukung Jokowi Bakal Kalah

Capres yang Didukung Jokowi Bakal Kalah

Jumat, 14 Juli 2023 – 18:10 WIB

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid alias Gus Jazil menyoroti hasil survei Indostrategic terkait arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyangkut pilihan calon presiden (capres) yang didukung di Pilpres 2024. Ada beberapa temuan merujuk hasil survei tersebut.

Baca Juga :


Dukung Hilirisasi Era Jokowi, Prabowo Soroti Kekayaan Alam RI Jadi Incaran Negara Lain

Dalam survei Indostrategic, dilaporkan 56,6 persen responden tak akan mengikuti arahan Jokowi terkait sosok capres di Pilpres 2024. Mengenai hal ini, Gus Jazil memprediksi capres yang akan didukung Jokowi pun akan kalah.

“Jadi, 56 persen dari responden atau kalau disebut tidak akan mengikuti arahan Pak Jokowi terkait dengan Pilpres. Itu kalau diambil mahfum mukhalafah-nya, maka yang didukung Pak Jokowi yang kalah, kira-kira begitu,” ujar Jazilul, Jumat, 14 Juli 2023.

Baca Juga :


Survei Indostrategic Nilai Bakal Capres Harus Ambil Risiko, Segera Tetapkan Cawapres

Sementara, dari hasil survei juga disebutkan hanya 19,3 persen responden yang mengikuti arahan Jokowi. Dengan begitu, Jazilul meyakini, masyarakat tak lagi mudah terpengaruh pihak luar terkait pilihan capres. 

Baca Juga :


KPK : Emak-emak Paling Banyak Terima Uang ‘Serangan Fajar’ di Pemilu Tahun 2019

“Ini menunjukkan apapun yang diputuskan di elite, apakah parpol termasuk king maker atau elite politik setidaknya dalam hasil survei itu mendapatkan penolakan dari masyarakat. Artinya, tidak diikuti, masyarakat punya nalar sendiri,” jelasnya.

Sebelumnya, Indostrategic merilis hasil survei terbarunya yang bertajuk ‘Keberlanjutan vs Perubahan: Dinamika Peta Politik Menuju Pemilu 2024’. 

Halaman Selanjutnya

Dalam pemaparannya, Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam mengatakan hanya 19,3 persen masyarakat yang akan mengikuti pilihan Presiden Jokowi d Pilpres 2024. 



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *