Tak Ada di Era Jokowi, Anies Ingin Gagas Badan Khusus Urus Perkotaan

Tak Ada di Era Jokowi, Anies Ingin Gagas Badan Khusus Urus Perkotaan

Kamis, 13 Juli 2023 – 21:53 WIB

Makassar – Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan menyoroti tidak adanya keberpihakan pemerintah dalam mengawal pembangunan perkotaan.

Baca Juga :


Buka Ruang bagi Anak Muda, Elektabilitas PAN Dinilai Menguat

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pemerintah saat ini hanya berfokus mengurus pembangunan desa sementara untuk perkotaan tidak ada badan serupa yang mengurusi.

“Pemerintah pusat sampai dengan hari ini belum ada yang mengurusi perkotaan. Pedesaan sudah, perkotaan tidak. Bahkan, kementerian mengurusi perkotaan tidak ada,” kata Anies saat menghadiri Rakernas XVI Apeksi di Makassar, Kamis 13 Juli 2023.

Baca Juga :


Prabowo Dinilai Sosok Pemimpin yang Merdeka dan Miliki Kapasitas

Anies menilai, jika ketimpangan pembangunan di kota ini mulai terlihat sebab tidak adanya badan khusus perkotaan yang mengurusi. Menurut mantan Menteri Pendidikan itu bahwa dimasa pemerintahan saat ini terlihat beberapa ketimpangan pembangunan perkotaan. Ada kota yang sudah baik, ada pula yang sangat kurang.

Baca Juga :


Ketum AMPI Jerry Sambuaga Tegaskan Menolak Munaslub Golkar, Tetap Dukung Airlangga

Kendati demikian, Anies pun berpendapat, seharusnya ada instansi khusus seperti pedesaan yang membuat standar pembangunan perkotaan. Mulai dari standar pengelolaan sampah hingga penyediaan kebutuhan air bagi warga.

“Beberapa perkotaan yang ada saat ini itu tidak perhatikan. Seharusnya sebagai sebuah klaster khusus kawasan perkotaan itu kementerian-kementerian dan program-programnya tidak terkoordinir untuk perkotaan, tetapi kalau pedesaan aman saja karena ada kementeriannya,”ungkap Anies.

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut, Anies pun menambahkan, jika seharusnya sudah ada badan yang berperan sebagai perwakilan pemerintah kota di tataran pusat. Kata Anies, badan itu akan mengadvokasi kepentingan-kepentingan pemerintah kota kepada pemerintah pusat.



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *