Tidur Miring ke Kiri Baik untuk Lambung

Tidur Miring ke Kiri Baik untuk Lambung

Rabu, 21 Juni 2023 – 13:01 WIB

Jakarta – Bangun di sisi tempat tidur yang salah tidak hanya membuat suasana hati kamu buruk, tetapi juga dapat memengaruhi kesehatanmu, lho. Menurut pakar nutrisi herbal Ali Ramadhan, tidak semua tidur sama.

Baca Juga :


Alasan Kenapa Orang Tua Kita Bangun Lebih Awal, Nomor 2 Bikin Was Was

Ali Ramadhan juga menjelaskan hal itu dalam video TikTok bahwa ada sejumlah manfaat tidur miring ke kiri. Dalam videonya, Ramadhan mengatakan, “Saat kita tidur miring ke kiri, perut dan cairan lambung kita tetap lebih rendah dari kerongkongan, yang mana bisa memengaruhi pencernaan dan mulas,” ujarnya.

“Ini juga mengurangi tekanan pada punggung dan merupakan cara ideal bagi wanita hamil untuk tidur,” tambah Ramadan, melansir New York Post.

Baca Juga :


Pernah Deja Vu dengan Mimpi? Ini Makna Dibaliknya

Ilustrasi ibu hamil tidur.

The Sleep Foundation sependapat, mencatat bahwa curling left bermanfaat bagi ibu hamil karena membantu aliran darah antara jantung, janin, rahim, dan ginjal, sekaligus mengurangi tekanan pada hati dan punggung.

Baca Juga :


Dua Hari Tidak Tidur dan Bicara Sendiri, Balita di Samarinda Positif Narkoba

Namun, tinjauan studi tahun 2019 menemukan tidak ada perbedaan dalam kesehatan orang hamil atau bayi mereka berdasarkan sisi mana mereka tidur, menunjukkan bahwa itu mungkin pilihan berdasarkan kenyamanan.

Mereka yang menderita mulas atau refluks asam mungkin lebih baik berbaring terlentang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology edisi 2022 menemukan bahwa asam lambung dibersihkan lebih cepat ketika kita berbaring miring ke kiri, dibandingkan dengan tidur telentang di punggung atau berbaring di sisi kanan.

Halaman Selanjutnya

Healthline mencatat bahwa beberapa ahli tidur berpikir bahwa tidur miring ke kanan dapat menekan vena cava di tubuh, yang merupakan pembuluh darah besar yang membawa darah ke seluruh tubuh, menunjukkan bahwa jika kamu menderita masalah jantung, kamu dianjurkan untuk tidur dengan miring ke kiri.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *