Aurelie Moeremans Hingga Susi Pudjiastuti Turun ke Jalan, Ikut Pawai Bebas Plastik

Aurelie Moeremans Hingga Susi Pudjiastuti Turun ke Jalan, Ikut Pawai Bebas Plastik

Minggu, 30 Juli 2023 – 20:21 WIB

JAKARTA – Ratusan anggota masyarakat dan aktivis yang tergabung dalam barisan Pawai Bebas Plastik 2023 menyuarakan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Pawai ini menjadi bagian dari kampanye global yang dikenal sebagai #PlasticFreeJuly, yang secara khusus berfokus pada pengurangan penggunaan plastik sekali pakai pada bulan Juli.

Baca Juga :


Anies Baswedan Kenang Momen Bujuk Susi Pudjiastuti yang Tak Tamat SMA agar Ikut Kejar Paket C

Tiza Mafira, Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, yang ikut dalam barisan Pawai Bebas Plastik 2023 yang dilaksanakan Minggu, 30 Juli 2023, di area Car Free Day (CFD) Jakarta ini mengatakan, salah satu advokasi yang saat ini sedang dijalankan oleh kelompok masyarakat adalah mengenai solusi guna ulang. Menurutnya, solusi ini sebenarnya sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia dari dulu. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Namun, lanjut Tiza, dengan perkembangan zaman dan adanya perubahan perilaku konsumsi, perlu upaya konkret dari pemerintah dan produsen untuk sama-sama menciptakan ekosistem guna ulang seperti sedia kala.

Baca Juga :


Anies Baswedan: Saya Dekat dengan Bu Susi Pudjiastuti Sudah Agak Panjang

“Jika ekosistem ini diwujudkan dan dijalankan oleh seluruh masyarakat, Indonesia juga bisa menjadi contoh negara yang mempraktikkan solusi ini. Sejalan dengan harapan dalam Global Plastic Treaty yang sedang disusun oleh negara-negara anggota PBB untuk mengakhiri polusi plastik,” kata dia dalam keterangannya, dikutip VIVA

Baca Juga :


Susi Pudjiastuti Bukan Solusi Cawapres Anies, tapi Cocok untuk Timses di 2024

Gerakan Pawai Bebas Plastik ini pertama kali diinisiasi oleh beberapa organisasi lingkungan seperti Divers Clean Action, EcoNusa, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Greenpeace Indonesia, Indorelawan, Pandu Laut Nusantara, Pulau Plastik, dan WALHI pada tahun 2019. 

Pawai Bebas Plastik menjadi bagian dari kampanye global yang dikenal sebagai #PlasticFreeJuly, yang secara khusus berfokus pada pengurangan penggunaan plastik sekali pakai pada bulan Juli.

Halaman Selanjutnya

“Pada tahun ini, Pawai Bebas Plastik kembali menyelenggarakan kampanye secara offline dan mengadakan pawai seperti hari ini. Pawai ini sebagai acara pembuka untuk serangkaian kegiatan yang akan berlangsung dari Juli 2023 hingga Februari 2024,” tuturnya.



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *