OTT Kabasarnas Tuai Polemik, Ketua KPK Firli Bahuri Buka Suara

OTT Kabasarnas Tuai Polemik, Ketua KPK Firli Bahuri Buka Suara

Minggu, 30 Juli 2023 – 00:02 WIB

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, memberikan penjelasan mengenai polemik dari operasi tangkap tangan (OTT), terkait kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa yang melibatkan Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Baca Juga :


Eks KSAU: Prabowo Capres Bersih dan Miliki Kinerja Terbaik

Dia menegaskan, pengusutan kasus yang dilakukan KPK itu seluruhnya telah dilakukan, sesuai dengan prosedur dan mekanisme ketentuan yang berlaku.

“Seluruh rangkaian kegiatan KPK dalam operasi tangkap tangan, penyelidikan, penyidikan, hingga penetapan para pelaku sebagai tersangka, telah sesuai prosedur hukum dan mekanisme yang berlaku,” kata Firli kepada wartawan, Sabtu, 29 Juli 2023.

Baca Juga :


Panglima TNI ke Kabasarnas Baru: Tolong Jangan Lepas dari Induknya

Kepala Basarnas (Kabasarnas) Marsdya TNI Henri Alfiandi

Firli mengaku bahwa KPK telah menyadari adanya keterlibatan dari anggota TNI aktif, dalam kasus dugaan suap di Basarnas tersebut. Bahkan, Dia sendiri mengaku bahwa KPK juga telah telah berkoordinasi dengan Puspom TNI, terkait kegiatan OTT tersebut.

Baca Juga :


Mahfud MD Minta Setop Polemik Korupsi Kepala Basarnas dan Tuntaskan di Pengadilan Militer

Karenanya, Firli pun memastikan bahwa KPK tetap akan menangani kelanjutan proses hukum dari para tersangka non-militer. Sementara untuk tersangka yang berasal dari unsur militer, akan ditangani oleh pihak TNI.

“KPK melanjutkan proses penanganan perkara yang melibatkan para pihak dari swasta atau non-TNI/militer, dan menyerahkan penanganan perkara yang melibatkan oknum militer/TNI kepada TNI untuk dilakukan koordinasi penanganan perkaranya lebih lanjut,” ujar Firli.

Halaman Selanjutnya

Dia menegaskan, penetapan tersangka di kasus OTT Basarnas telah sesuai mekanisme hukum, dan setiap proses penyelidikan hingga penuntutan kasus di KPK merupakan tanggung jawab dari pimpinan.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *