Prabowo Unggul di Pemilih Gen Z dan Milenial, Ganjar Gen X

Prabowo Unggul di Pemilih Gen Z dan Milenial, Ganjar Gen X

Minggu, 23 Juli 2023 – 18:20 WIB

JakartaIndikator Politik Indonesia melakukan survei potensial calon presiden (capres) terhadap tingkat generasi usia. Adapun tingkat generasi usia yang masuk dalam kategori survei yaitu Gen Z, kelompok generasi yang berusia di bawah 26 tahun atau lahir di bawah tahun 2012.

Baca Juga :


Perkuat Dukungan, Relawan Mas Bowo di 3 Daerah Bikin Banyak Kegiatan

Kemudian, generasi milenial yang berusia 27 sampai 42 tahun atau lahir tahun 1996 ke bawah. Lalu, ada Gen X yang berusia 43 sampai 58 tahun atau lahir tahun di bawah 1980.

Kemudian ada generasi baby boomers, yang berusia 59 sampai 79 tahun atau lahir tahun di bawah 1964. Serta terakhir yaitu generasi interwar, yang berusia 80 tahun ke atas atau lahir pada 1943 ke bawah.

Baca Juga :


Prabowo Dinilai Mampu Lanjutkan Program Jokowi, Pengamat: Bukti Itu Ditunjukkan

Hasilnya, bakal calon presiden yang didukung oleh Koalisi Perubahan, Anies Baswedan tidak unggul dalam semua generasi. Dia hanya unggul di dalam generasi yang berusia di atas 80 tahun.

“Bagaimana dengan pilihan generasi usia. Pertama, Anies Baswedan kurang mendominasi untuk semua kelompok usia, agak kuat di generasi tua. Tapi sayangnya generasi di atas 80 tahun kan dari sampelnya cuma 0,4%. Secara elektoral generasi tua ini sedikit,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei yang diadakan secara virtual, Minggu, 23 Juli 2023.

Baca Juga :


Jokowi: Capres-capres Ngopi Bareng, Kok yang di Bawah Bertengkar

Presiden Jokowi, Menhan Prabowo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Sementara itu, dalam pemilih generasi Gen Z, Prabowo Subianto unggul dengan perolehan suara sebesar 40,5%. Ganjar Pranowo 35,5 %, Anies Baswedan 22%.

Halaman Selanjutnya

Di generasi Gen X, Ganjar unggul dengan perolehan suara sebesar 39,8%. Prabowo Subianto memperoleh suara sebesar 30,2 %, Anies Baswedan yaitu 23,4%.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *