Terima Gratifikasi Rp 4,7 Miliar, Kadis Pertanahan dan Tata Ruang DIY Jadi Tersangka Mafia Tanah

Terima Gratifikasi Rp 4,7 Miliar, Kadis Pertanahan dan Tata Ruang DIY Jadi Tersangka Mafia Tanah

Senin, 17 Juli 2023 – 18:38 WIB

Yogyakarta – Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY menetapkan Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispentaru) DIY Krido Suprayitno sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan tanah kas desa (TKD). Krido diduga menerima gratifikasi sebesar kurang lebih Rp 4,7 miliar dalam kasus penyalahgunaan perizinan TKD.

Baca Juga :


Telat Dijemput Bikin Lukas Enembe ‘Ngambek’ Ogah Dirujuk ke RSPAD

Kepala Kejati DIY Ponco Hartanto menuturkan awalnya Krido menjadi saksi dari kasus penyalahgunaan TKD di Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman dengan terdakwa Robinson yang merupakan pemilik PT Deztama Putri Sentosa.

Ponco menerangkan kemudian status Krido dinaikkan menjadi tersangka karena terbukti menerima gratifikasi dari terdakwa Robinson terkait perizinan TKD di Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Baca Juga :


Mau Diperiksa soal Pungli Seleksi Wasit, Ketum PSSI Malah Suruh Anak Buahnya yang Datang

“Tim penyidik telah menemukan dua alat bukti dan menetapkan KS, jabatannya adalah Kepala Dispentaru DIY sebagai tersangka. KS terbukti menerima gratifikasi dari terdakwa Robinson,” ujar Ponco di Kantor Kejati DIY, Senin 17 Juli 2023.

Baca Juga :


Lukas Enembe Dibantarkan Lagi ke RSPAD, KPK Siap Tanggung Biaya Perawatannya

“Tersangka menerima gratifikasi berupa dua bidang tanah di Purwomartani, Kalasan, Sleman seluas 600 meter persegi dan 800 meter persegi. Total tanah tersebut seharga Rp 4.520.000.000,00. Tanah tersebut saat ini bersertifikat atas nama KS,” imbuh Ponco.

Ponco merinci, selain menerima gratifikasi tanah, Krido juga menerima gratifikasi berupa uang tunai. Selain itu adapula bukti berupa transfer uang ke rekening tersangka.

Halaman Selanjutnya

“Tersangka KS ini juga membawa kartu ATM atas nama istri terdakwa Robinson berisi Rp 211.603.640,20. Isi kartu ATM ini dipakai untuk kepentingan pribadi tersangka,” tegas Ponco.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *