Kalkulasi Politik Jokowi yang Condong ke Prabowo Memicu Elektabilitas Menguat

Kalkulasi Politik Jokowi yang Condong ke Prabowo Memicu Elektabilitas Menguat

Minggu, 16 Juli 2023 – 12:31 WIB

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diprediksi berpotensi memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satu alasannya, Menteri Pertahanan RI tersebut punya elektabilitas yang kokoh.

Baca Juga :


Deklarasi dukung Prabowo, Relawan Bepro Fokus Gaet Suara Milenial dan Gen Z

Demikian analisa pakar politik sekaligus peneliti senior Ipsos Indonesia, Arif Nurul Imam. Ia mengatakan seperti itu karena tak terlepas dari kalkulasi politik Presiden Jokowi. Menurut dia, kalkulasi itu berkaitan kedekatan Jokowi dengan Prabowo.

“Soal belakangan Presiden Jokowi yang terkesan lebih dekat dengan Prabowo Subianto tentu tak lepas dari kalkulasi politik Jokowi,” kata Arif, Minggu, 16 Juli 2023.

Baca Juga :


Presiden PKS Ingatkan Bahaya Politik Transaksional pada Pemilu 2024

Pun, dia menambahkan, hal itu ditambah propabilitas potensi keunggulan Prabowo di sejumlah hasil survei. Menurutnya, dengan kondisi itu memicu elektabilitas Prabowo yang terus menguat di banyak survei. “Potensi kemenangan di mana Prabowo Subianto sekarang ini unggul dalam banyak survei,” lanjut Arif.

Pakar politik dari Ipsos Indonesia, Arif Nurul Imam

Baca Juga :


Ganjar Pranowo Soroti Masalah Lulusan Perguruan Tinggi Kesulitan Dapat Kerja

Lebih lanjut, dia menyampaikan dengan kalkulasi politik dan probabilitas kemenangan di banyak lembaga survei membuat Jokowi cenderung punya kedekatan dengan Prabowo.

“Dari situasi inilah, boleh jadi Jokowi lebih dekat dengan Prabowo Subianto,” lanjut Arif.

Halaman Selanjutnya

Selain itu, ia mengatakan sinyal Jokowi yang cenderung mendukung Prabowo juga terlihat dari manuver sejumlah organisasi relawannya. Dari beberapa relawan itu terlihat beri dukungan ke Prabowo sebagai bakal capres.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *