Pastikan Penyaluran Pupuk Subsidi Transparan, Petani Kini Bisa Tebus Pakai IPubers

Pastikan Penyaluran Pupuk Subsidi Transparan, Petani Kini Bisa Tebus Pakai IPubers

Minggu, 16 Juli 2023 – 07:16 WIB

Jakarta – PT Pupuk Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) menghadirkan aplikasi iPubers. Aplikasi ini guna memudahkan transaksi penebusan pupuk bersubsidi yang dilakukan oleh petani.

Baca Juga :


Mudah! Begini Cara Membuat Tulisan Miring di WhatsApp

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky menjelaskan, aplikasi iPubers mengubah drastis proses administrasi kios. Dari yang sebelumnya banyak mengisi formulir kertas pada proses penebusan, kini administrasi langsung terekam dalam aplikasi.

“Jadi iPubers kolaborasi dari Kementan dan Pupuk Indonesia, kita digitalisasi kios supaya setiap transaksi di kios tercatat dan terekam secara digital, semua yang tadinya manual yang kertas-kertas itu kita hapuskan,” ujar Panji melalui keterangan tertulis di Jakarta, dikutip Minggu, 16 Juli 2023.

Baca Juga :


Nagari Panampuang Jadi Pilot Project Pemerintahan Data Presisi di Sumbar

Petani yang sedang bekerja di lahan

Selain terkam secara realtime, aplikasi ini tegasnya juga dapat meningkatkan transparansi dan ketepatan sasaran penerima pupuk bersubsidi.

Baca Juga :


Gus Imin Ingatkan Pemerintah Fokus Benahi Ketahanan Pangan Dalam Negeri

“Aplikasi ini dapat memastikan peningkatan pelayanan publik, baik dari kios dan masyarakat bisa mudah melakukan penebusan dengan cukup membawa KTP saja,” katanya.

Sementara itu, Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian Tommy Nugraha mengatakan, aplikasi iPubers menjadi upaya Pemerintah dalam memperbaiki tata kelola kebijakan pupuk bersubsidi.

Halaman Selanjutnya

Digitalisasi dapat memastikan ketepatan sasaran dalam proses penebusan pupuk di kios dan perbaikan pelaporan, penagihan dan ketelusuran transaksi. Lebih lanjut, akurasi data merupakan kunci utama dari keberhasilan kebijakan pupuk bersubsidi.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *