Uji Coba Operasional LRT Jabodebek Dimulai, Menhub Budi Tekankan Pentingnya Keselamatan

Uji Coba Operasional LRT Jabodebek Dimulai, Menhub Budi Tekankan Pentingnya Keselamatan

Rabu, 12 Juli 2023 – 21:10 WIB

Depok – Uji coba operasional terbatas LRT Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) dimulai hari ini. Uji coba tersebut dilakukan pertama kali oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Dirut KAI Didiek Hartantyo, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal serta jajaran terkait.

Baca Juga :


The Transportation Minister Joins LRT Jabodebek Limited Trial Today

Uji coba dilakukan dari Stasiun Harjamukti Depok sampai Stasiun Dukuh Atas, Jakarta. Uji coba terbatas tahap satu dilakukan pada 12-27 Juli 2023. Sementara tahap kedua dibuka untuk umum hingga 27 Juli 2023. Kemudian pada 18 Agustus 2023 akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Menhub Budi mengatakan, uji coba dilakukan untuk mengetahui perbaikan apa yang dilakukan sebelum akhirnya diresmikan Presiden. Dia menekankan pentingnya keselamatan dalam pengoperasian LRT.

Baca Juga :


Menhub Targetkan 140 Ribu Orang Beralih dari Kendaraan Pribadi ke LRT Jabodebek

“Kita melakukan uji coba terbatas dari LRT Jabodebek. Aspek safety menjadi yang utama. Satu sisi kita bangga dengan karya anak bangsa. Kita euforia mempunyai kereta angkutan massal, tetapi bicara tentang safety menjadi suatu keharusan,” katanya, Rabu, 12 Juli 2023.

Menhub Budi Karya Sumadi saat uji coba LRT Jabodebek.

Photo :

  • VIVA.co.id/ Galih Purnama (Depok)

Baca Juga :


Menjajal LRT Jabodebek: Kecepatan Rata-rata 80 Km/Jam, Durasi Antar Stasiun Cuma 5 Menit

Budi berpesan kepada KAI dan para vendor semasa uji coba ini dilakukan upaya perbaikan. Sehingga pada 18 Agustus nanti ketika Presiden akan meresmikan sudah berjalan baik. Menhub juga menuturkan, ide untuk mengintensifkan angkutan massal yang digagas Jokowi semasa menjabat Gubernur DKI saat itu, sekarang sudah dilakukan dengan konsisten.

“MRT bertambah ke utara, timur dan barat. Sekarang LRT ke Bekasi juga sampai Harjamukti juga Insya Allah nanti sampai ke Bogor,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Dengan terintegrasinya angkutan massal ini diharapkan banyak warga yang beralih dari kendaraan pribadi. Angkutan massal ini dinilai efisien, lebih cepat, lebih mudah dan yang paling penting tidak macet.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *