5 Manfaat Punya Rumah Dekat dengan Alam, Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini

5 Manfaat Punya Rumah Dekat dengan Alam, Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini

Sabtu, 8 Juli 2023 – 01:40 WIB

SENTUL CITY – Memiliki rumah yang dikelilingi dengan pepohonan dan pemandangan alam menjadi impian banyak orang. Tidak hanya menenangkan, hunian dekat alam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Baca Juga :


Lahar Dingin Semeru Bikin Tiga Jembatan Putus di Lumajang hingga Merusak Rumah

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan, hidup dekat dengan alam secara positif dapat memengaruhi kesehatan mental, fisik, dan emosional seseorang. Karena apa pun yang Anda lihat, dengar dan rasakan, akan memengaruhi suasana hati dan fungsi sistem tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat jika memiliki hunian dekat dengan alam, dilansir Brittany, Sabtu 8 Juli 2023. Yuk, scroll.

Memengaruhi suasana hati
Sebuah penelitian yang dilakukan di AS menemukan bahwa berjalan di alam dapat meningkatkan suasana hati dan ingatan seseorang dibandingkan berjalan di wilayah perkotaan. Kontak dengan alam dalam bentuk apa pun, dapat meningkatkan kesehatan spiritual dan memberi otak pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan. 

Baca Juga :


Intip Istana Mewah Milik Putri Ariani dari Rudy Salim, Lengkap dengan Rooftop dan Piano

Meningkatkan fokus dan memori
Terlepas dari riwayat kesehatan mental Anda, menghabiskan waktu di alam akan meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Satu studi menemukan bahwa berjalan di alam mampu meningkatkan memori jangka pendek sebesar 20 persen. 

Baca Juga :


Britney Spears Dikabarkan Akan Bangkrut di Akhir Tahun

Menghormati alam
Menurut penelitian, orang-orang yang tinggal di dekat alam bisa membentuk hubungan yang mendalam dan bermakna dengan alam. Orang yang tinggal di dekat alam juga lebih cenderung peduli untuk melestarikannya.

Mengurangi risiko kematian dini
Sejumlah penelitian di seluruh dunia membuktikan bahwa hidup dekat dengan alam akan membuat Anda hidup lebih lama. Hal itu karena, lingkungan hidup yang tidak tercemar berarti risiko untuk sakit atau tertular virus akan lebih rendah. 

Halaman Selanjutnya

Menghilangkan stresDalam beberapa tahun terakhir, terapi alam telah diusulkan sebagai solusi untuk menghilangkan stres dan membantu meningkatkan kesehatan. Terapi alam, atau disebut Ekoterapi, didefinisikan sebagai suatu pendekatan yang didasarkan pada gagasan bahwa manusia memiliki ikatan yang kuat dengan lingkungan dan bumi mereka. Alam dapat berdampak besar pada kondisi mental kita.



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *