Tak Lagi Pandemi COVID-19, Masih Perlukah Vaksin Setiap Tahun?

Tak Lagi Pandemi COVID-19, Masih Perlukah Vaksin Setiap Tahun?

Jumat, 7 Juli 2023 – 17:28 WIB

Jakarta – Status pandemi COVID-19 resmi dicabut di Indonesia sehingga menuai euforia dari masyarakat untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala. Kendati begitu, Guru Besar Universitas Indonesia (UI) tetap merekomendasikan agar vaksin COVID-19 diberikan bagi kelompok rentan secara rutin serta bagi masyarakat umum dalam mencegah gejala berat yang mungkin mengintai.

Baca Juga :


Australia Appreciates Indonesia in Handling Covid-19 Pandemic

Pakar Alergi-Imunologi FKUI Prof. Dr. dr. Evy Yunihastuti, Sp.PD, K-AI, FINASIM mengatakan bahwa kondisi pandemi COVID-19 menjadi pembelajaran besar bagi seluruh masyarakat. Menurutnya, COVID-19 yang telah menjadi endemi masih tetap ada di sekitar sehingga kelompok yang rentan tetap diharuskan mendapat vaksin booster COVID-19.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Baca Juga :


Bali Tightens Migrant Worker Departure to Avoid Human Trafficking

“Soal vaksin ini kita belajar dari paparan dan gejala. Orang dengan risiko COVID-19, salah satunya nakes (tenaga kesehatan) yang cukup rentan. Disarankan tetap booster setiap tahun,” jelasnya dalam konferensi pers di FKUI, Jakarta, Jumat 7 Juli 2023.

Selain tenaga kesehatan, Guru Besar UI ini menilai bahwa vaksin COVID-19 tetap harus diberikan bagi masyarakat yang memiliki gangguan atau penurunan imunitas. Seperti pada kelompok lanjut usia (lansia) yang mana sistem imunnya sudah jauh menurun.

Baca Juga :


Australia Apresiasi Indonesia dalam Mengatasi Pandemi COVID-19

“Siapa lagi sih (yang harus vaksin booster), ini perlu dilihat dari bagaimana, apakah dia alami gangguan imunitas. Pada lansia misal, kelompok ini kan tiap 6 bulan aja sebagian besar antibodi menurun,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Pada lansia dengan komorbid juga menjadi faktor risiko besar diintai gejala berat COVID-19 sehingga patut diberikan vaksin booster setiap tahunnya. Sementara itu, masyarakat kelompok usia muda yang juga sudah memiliki komorbid, turut dianjurkan menerima vaksin booster.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *