Telkom Merangkul UMKM

Telkom Merangkul UMKM

Kamis, 6 Juli 2023 – 18:36 WIB

VIVA Tekno – Pada 2030, pertumbuhan GDP Indonesia diramalkan tumbuh menjadi Rp24.000 triliun. Ekonomi digital juga diyakini tumbuh hingga delapan kali lipat menjadi Rp4.531 triliun.

Baca Juga :


Sasar UMKM, Bea Cukai Gelar Kelas Ekspor di Jawa Barat

Dari angka fantastis tersebut, 40 persen di antaranya disumbangkan dari usaha kecil dan menengah (UKM) serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dengan ini Telkom menyatakan niatnya untuk fokus garap pasar UKM dan UMKM.

“Setelah IndiHome ke Telkomsel, Telkom akan fokus ke business-to-business (B2B). Ada market yang belum terlalu kita fokuskan sebelumnya,” kata Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana R di Jakarta, Kamis, 6 Juli 2023.

Baca Juga :


KKJ – PKJB 2023 Digelar 7 – 9 Juli, 103 UMKM Kriya Siap Meramaikan Gedung Sate

Perusahaan pelat merah ini akan menyediakan platform yang mereka sebut sebagai ‘Indibiz‘ merupakan solusi yang akan mendukung pelaku usaha naik kelas.

Aplikasi akan menyediakan solusi dan layanan digital, misalnya dengan melakukan kolaborasi dengan startup untuk menyediakan produk atau pembiayaan dengan lembaga keuangan.

Baca Juga :


Klinik Ekspor, Program Bea Cukai Dukung UMKM Ekspor

Saat ini Telkom sudah menggarap sekitar 400.000 UKM dan UMKM. Mereka akan menggali lebih dalam untuk membuat digitalisasi tumbuh produktif dan go global.

“Target jangka pendeknya kita ingin pelaku usaha tahu bahwa Telkom garap solusi untuk pelaku usaha. Ada aplikasi yang bisa mereka masuki, apa mau kolaborasi atau pelatihan,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Selain kehadiran Indibiz, Telkom juga mengumumkan gelaran Digiland 2023 merupakan rangkaian dari HUT Telkom yang ke-58. Ini akan diselenggarakan pada 8-9 Juli 2023 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *