Kurang dari 3 Kali Basuhan Mandi Wajib Tidak Sah? Begini Penjelasan Buya Yahya

Kurang dari 3 Kali Basuhan Mandi Wajib Tidak Sah? Begini Penjelasan Buya Yahya

Kamis, 6 Juli 2023 – 03:17 WIB

Jakarta – Mandi besar atau mandi wajib atau mandi junub dilakukan saat seorang habis melakukan hubungan suami-istri ataupun wanita yang mensucikan diri dari haid. Namun, masih banyak pertanyaan yang sering muncul tentang apakah mandi besar atau mandi junub harus dibasuh tiga kali agar sah? Menanggapi tentang pertanyaan itu, Buya Yahya memberikan penjelasannya. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Baca Juga :


Viral ODGJ Ikut Sholat di Halaman Masjid, Netizen: Subhanallah

“Itu sepele tapi penting, mandi besar habis hubungan suami istri atau habis bersuci dari haid atau mohon maaf mimpi basah keluar mani pengen sholat maka wajib mandi besar,” kata Buya Yahya yang dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV pada Rabu, 5 Juli 2023. 

Baca Juga :


Tak Selalu Buruk, Ini 5 Arti Mimpi Memiliki Tato di Tubuh

Menurut salah satu ulama kenamaan di Indonesia itu, saat melakukan mandi besar atau mandi junub yang penting adalah meratakan air ke sekujur tubuh. Tidak harus dibasuh tiga kali atau memakai shampo. 

“Mandi besar itu cukup meratakan air yang bisa dipake (untuk) wudhu, Anda mengguyur yang penting merata ke sekujur tubuh. Tidak harus tiga kali, tidak harus pake shampo,” terang Buya Yahya. 

Baca Juga :


Mulai dari Kompres hingga Relaksasi, Ini 6 Cara Untuk Mengurangi Nyeri saat Menstruasi

Agar ibadah sholat tetap bisa dijalani dan tak terlewat sehabis berhubungan intim atau selesai haid, mandi wajib atau mandi junub bisa dilakukan hanya dengan membasuh dengan air ke sekujur tubuh. Tidak harus mandi secara sempurna dengan menggunakan sabun dan shampo. 

Halaman Selanjutnya

“Maka Anda gak usah mandi dengan sempurna cukup guyur langsung sholat, habis itu mandi lagi keramas yang penting bisa sholat,” jelas Buya. 

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *