Fenomena Astronomi Juli 2023, Siap-siap Perbaiki Arah Kiblat

Fenomena Astronomi Juli 2023, Siap-siap Perbaiki Arah Kiblat

Selasa, 4 Juli 2023 – 06:34 WIB

VIVA Tekno – Pada Juli 2023 akan ada beberapa fenomena astronomi yang bisa disaksikan. Salah satunya Supermoon, atau disebut Buck Moon, pada 3 Juli di mana Bulan terlihat lebih besar dan lebih terang di langit malam.

Baca Juga :


Ilmuwan Meramal Kiamat Kemungkinan Terjadi 10 Tahun Lagi

Buck Moon tahun ini menjadi lebih mendebarkan karena memulai musim dengan empat Supermoon berturut-turut. Supermoon dapat menyebabkan 30 persen kecerahan Bulan dan peningkatan 14 persen pada cakram Bulan seperti yang terlihat dari Bumi.

Akan tetapi, perbedaan itu biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang kecuali jika seseorang memperhatikan Bulan setiap malam, seperti dikutip VIVA Digital dari situs Space, Selasa, 4 Juli 2023.

Baca Juga :


Kerja Keras Petani Menuai Hasil Positif

Supermoon adalah Bulan yang lebih dekat ke Bumi pada saat purnama. Pakar gerhana dan pensiunan astrofisikawan NASA, Fred Espanak, mengatakan jika Buck Moon menyebabkan Bulan hanya berjarak 224.895 mil (361.934 kilometer) dari Bumi dibandingkan dengan jarak rata-ratanya sekitar 238.000 mil (382.900 km).

Di bawah ini adalah daftar peristiwa astronomi di sepanjang Juli 2023:

Baca Juga :


Samsung Kenalkan Produk yang Diklaim Bisa Halau Polusi Udara

Aphelion

Bumi dan Matahari yang dilihat dari luar angkasa.

Halaman Selanjutnya

Bumi bergerak mengelilingi Matahari dalam lintasan elips. Artinya ada saat di mana Bumi berada pada titik terdekatnya dengan Matahari dan ada kalanya Bumi berada sangat jauh dari Matahari.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *