Jelang Musim Panen, Petani di Jombang Dihantui Serangan Hama Burung Pipit 

Jelang Musim Panen, Petani di Jombang Dihantui Serangan Hama Burung Pipit 

Senin, 3 Juli 2023 – 06:33 WIB

Jombang – Sejumlah petani di Desa Turipinggiir, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ketar ketir jelang musim panen tahun ini. Ini terjadi, karena banyaknya serangan hama burung pipit.

Baca Juga :


Lewat Sembako, Relawan Asandra Ingin Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat Tak Mampu

Sedikitnya ada 5 hektare tanaman padi yang menjadi incaran hama burung pipit. Hal ini membuat para petani setempat melakukan beragam cara untuk mengusir hama tersebut. Salah satunya dengan memasang jaring.

Muslimin (40) petani Desa Turipinggir menjelaskan, sebelumnya para petani di wilayahnya baru saja selesai menanggulangi hama wereng. Sekarang petani dibuat khawatir dengan serangan hama burung pipit.

Baca Juga :


Tinjau Laboratorium Kultur Jaringan, Gubernur Harap Menjadi Percontohan Nasional

“Sebelumnya tanaman diserang hama wereng, alhamdulillah bisa diatasi, lalu diserang hama tikus, terus sundep dan terakhir ini diserang hama burung pipit,” ujarnya, Minggu 2 Juli 2023.

Ia mengaku, usia tanaman padi saat ini sudah mendekati panen. Dan ada juga tanaman padi petani yang gagal panen karena serangan hama burung pipit ini.

Baca Juga :


Bapanas Terbitkan Aturan Harga Pembelian Gula Kristal Putih Tingkat Petani

“Serangan hama burung pipit ini sudah menyerang tanaman padi yang umur 70 hari. Ada yang gagal panen karena masifnya serangan hama burung tersebut,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi serangan hama ini, tak jarang para petani memasang jaring atau perangkap burung di sawahnya masing-masing. 

Halaman Selanjutnya

Hal itu, hanya dilakukan oleh sebagian petani yang memiliki modal. Jika petani tak memiliki biaya, biasanya membuat peralatan seadanya.



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *