Alam Semesta Tidak Sunyi Seperti yang Disangka Selama Ini

Alam Semesta Tidak Sunyi Seperti yang Disangka Selama Ini

Sabtu, 1 Juli 2023 – 16:48 WIB

Nashville – Beberapa tim di seluruh dunia telah secara independen menemukan sinyal pada waktu bintang berkedip, disebut pulsar yang menunjuk ke gelombang gravitasi raksasa dengan panjang gelombang yang bergulir melalui galaksi di alam semesta 

Baca Juga :


Suasana Saat Arafah Dipotret Astronot Muslim dari Luar Angkasa

Ini belum cukup mendeteksi gelombang gravitasi –tetapi ada lebih dari 99 persen kemungkinan bahwa apa yang kita lihat adalah sesuatu yang signifikan. Tim di Australia, AS, Eropa, China, dan India merilis hasil mereka secara bersamaan. 

“Kami telah menjalankan misi selama 15 tahun terakhir untuk menemukan dengungan gelombang gravitasi bernada rendah yang bergema di seluruh alam semesta dan menyapu galaksi kita untuk membelokkan ruang-waktu dengan cara yang terukur,” kata astrofisikawan Stephen Taylor dari Vanderbilt University dan ketua NANOGrav. 

Baca Juga :


Jelang Idul Adha, Asteroid Lebih Besar dari Monas Dekati Bumi

Tim peneliti merasa senang mengumumkan bahwa kerja keras mereka telah membuahkan hasil. Ilmuwan juga memiliki bukti menarik tentang latar belakang gelombang gravitasi ini.

Menurut situs Science Alert, dikutip VIVA Tekno Sabtu, 1 Juli 2023, astronomi gelombang gravitasi adalah bidang yang relatif baru, menyusul pendeteksian riak ruang-waktu yang disebabkan oleh dua lubang hitam yang bertabrakan pada tahun 2015. 

Baca Juga :


India Gabung dengan NASA dalam Program Eksplorasi Ruang Angkasa

Sejak saat itu, detektor gelombang gravitasi berbasis Bumi telah mendeteksi hampir 100 peristiwa gelombang gravitasi yang terkonfirmasi pada saat ini di mana semuanya diciptakan oleh penggabungan benda-benda bermassa bintang yang padat –lubang hitam dan bintang neutron.

Gelombang gravitasi disebabkan oleh peristiwa masif di alam semesta. Bisa dibayangkan tabrakan antara lubang hitam saat batu dilemparkan ke dalam kolam dan gelombang gravitasi saat riak dihasilkan.



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *