Nutrisi Optimal Tunjang Perkembangan Anak Pra Sekolah

Nutrisi Optimal Tunjang Perkembangan Anak Pra Sekolah

Jumat, 23 Juni 2023 – 16:09 WIB

JAKARTA – Memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat bagi anak tidak hanya berhenti hingga usia 2 tahun saja, tetapi juga penting untuk terus berlanjut ketika sudah memasuki usia prasekolah yaitu 3-5 tahun. Karena faktanya, perkembangan kognitif anak terus berkembang pesat, di mana 90 persen perkembangan otak anak tercapai di usia 5 tahun yang berarti ini lebih banyak daripada waktu lain dalam di hidupnya. 

Baca Juga :


Viral Anak Dimarahi Ibunya Gegara Lulus SNBT, Diduga Karena Masalah Ekonomi

Akan tetapi, perkembangan otak anak sangat tergantung pada asupan nutrisi yang dikonsumsi. Untuk itu, saat anak memasuki usia prasekolah, para ibu masih harus terus memerhatikan nutrisi penting bagi perkembangan otak anak. Hal ini dikarenakan pada periode ini anak semakin aktif bermain, dan belajar hal-hal baru, sehingga kebutuhan nutrisinya menjadi lebih meningkat dari sebelumnya. Yuk, scroll untuk informasi lengkapnya moms.

Nutrisi untuk anak usia prasekolah memiliki peranan penting untuk mendukung fisik dan kognitifnya bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Hal itu dikatakan oleh pakar neurosains kognitif, dr. Putu Ayuwidia Ekaputri, MSc bahwa penting menunjang kesiapan anak untuk masuk sekolah dengan berbagai faktor.

Baca Juga :


Pria Obesitas 300 kg Meninggal, Waspada Anak Gemuk Rentan Diintai Penyakit

“Dalam menunjang kesiapan anak masuk sekolah, penting bagi orangtua untuk memahami bahwa kelengkapan nutrisi yang optimal anak harus berlanjut bahkan setelah usia 2 tahun atau saat memasuki tahap prasekolah pada usia 3-5 tahun,” ujarnya, dikutip keterangan pers SGM Eksplor, Jumat, 23 Juni 2023.

Baca Juga :


Anak Usia Dini Tidak Wajib Bisa Membaca

Nutrisi Untuk Perkembangan Otak

Pada periode ini, kata dokter Putu Ayuwidia, otak anak masih terus membutuhkan dukungan nutrisi untuk bisa berkembang dengan optimal. Sebab, 90 persen perkembangan otak anak tercapai di usia 5 tahun, sehingga kelengkapan nutrisi menjadi pondasi penting bagi perkembangan anak di masa depan untuk jadi anak generasi maju. 

Halaman Selanjutnya

“Kebutuhan nutrisi penting untuk perkembangan maksimal kognitif seperti Omega-3 (DHA) dan zat besi masih sangat dibutuhkan,” imbuhnya.



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *