Elite Demokrat Respons Survei Indopol: Tidak Sesuai dengan Realitas

Elite Demokrat Respons Survei Indopol: Tidak Sesuai dengan Realitas

Kamis, 22 Juni 2023 – 15:11 WIB

Jakarta – Elite Partai Demokrat menanggapi hasil survei terbaru dari Indopol Survey and Consulting. Survei terbaru Indopol menempatkan elektabilitas Demokrat yang stagnan dan sempat terjun bebas.

Baca Juga :


Gibran Rakabuming Hampir Mustahil Dikalahkan di Pilkada Jateng, Survei Parameter Politik Indonesia

Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Anis Fauzan menilai survei Indopol tak mencerminkan realitas di lapangan. Dia mengatakan survei tersebut juga tak mempengaruhi optimisme pihaknya untuk menghadapi Pemilu 2024.

Pun, Anis juga membandingkan survei Indopol tak selaras dengan hasil survei lembaga lain seperti Litbang Kompas, Charta Politika, Indo Barometer. Dalam hasil beberapa survei itu, parpol besutan Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY itu cukup tinggi. Anis mencontohkan dalam survei Litbang Kompas, menempatkan Demokrat berada di urutan ketiga, setelah PDIP dan Gerindra.

Baca Juga :


Beredar Isu Pemerintah Cabut Status Pandemi COVID-19 karena Pemilu, Begini Jawaban Menko PMK

“Ini membuat kami bertanya-tanya terkait metodologi yang diapakai dalam survei Indopol. Sehingga ini kami tidak bisa menjadikan ini sebagai acuan,” kata Anis, dalam keterangannya, Kamis, 22 Juni 2023.

Baca Juga :


KPU Klarifikasi Data ‘Aneh’ Pemilih Pemilu Nama Cuma Satu-Tiga Huruf dan Usia 100 tahun

Dia meminta publik tak secara mentah-mentah menelan data temuan survei Indopol tanpa melakukan komparasi dan penelusuran lebih jauh. “Karena bisa saja hasil survei tidak sesuai dengan realias yang sebenarnya terjadi,” lanjut Anis.

Pun, dia menambahkan, pihaknya juga punya data internal yang berbeda dengan hasil survei Indopol. Kata Anis, elektabilitas Demokrat dalam data internal justru meningkat seiring dengan kinerja dan kontribusi partai di berbagai bidang.  

Halaman Selanjutnya

“Data internal kami menunjukkan bahwa elektabilitas Partai Demokrat saat ini berada di angka 12 persen. Naik dari 10 persen pada Januari 2023,” sebutnya.



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *