Ganjar Ajak Ribuan Perangkat Desa Sejahterakan Masyarakat Lewat Model Padat Karya

Ganjar Ajak Ribuan Perangkat Desa Sejahterakan Masyarakat Lewat Model Padat Karya

Selasa, 20 Juni 2023 – 22:00 WIB

Wonosobo – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak perangkat desa se-Jateng untuk gotong royong menyejahterakan masyarakat desa. Salah satu modelnya adalah pemanfaatan dana desa lewat program padat karya.

Baca Juga :


‘Program Gila’ Ini Dinilai Strategi Ganjar Entaskan Kemiskinan di Jateng

“Karena beberapa desa itu anggaran ini dieksekusi dengan model-model padat karya sehingga banyak orang bekerja,” kata Ganjar usai bertemu lebih dari 3.000 perangkat desa di Alun-Alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jateng, Selasa, 20 Juni 2023.

Adapun, Ganjar telah menggulirkan bantuan keuangan (bankeu) untuk desa pada 2023 senilai Rp 1,7 triliun. Bantuan tersebut untuk pembangunan fisik maupun nonfisik yang diprioritaskan guna menggenjot perekonomian warga pasca Covid-19.

Baca Juga :


Wisuda TK-SMA Dikeluhkan Orang Tua Murid, Ganjar: Kan Mereka yang Punya Keinginan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Ganjar mengatakan, dana tersebut bisa digunakan kades dan perangkat desanya untuk menerapkan program padat karya agar warga desa menjadi masyarakat yang berdaya.

Baca Juga :


Isu Jokowi Main 2 Kaki Dukung Prabowo di 2024, Puan Merespons

Selain itu, Ganjar menyebut masyarakat yang tidak bekerja merupakan salah satu indikator kemiskinan. Sehingga program padat karya sekaligus bisa menurunkan angka kemiskinan di desa.

“Terbayangkan kalau dana desanya ada, bantuan dari kabupaten ada, dari provinsi ada, dari pusat ada, dikelola semuanya, wah itu masyarakat miskin akan terentaskan,” tandas Ganjar.

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut, Ganjar menekankan pentingnya peran perangkat desa dalam percepatan penurunan angka kemiskinan ekstrem dan stunting di Jateng. Pasalnya perangkat desa merupakan pihak yang paling mengerti kondisi desa.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *