Kritik Anies dan Prabowo soal Program Pendidikan Era Jokowi

Kritik Anies dan Prabowo soal Program Pendidikan Era Jokowi

Minggu, 30 Juli 2023 – 22:29 WIB

Jakarta – Dua bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan Prabowo Subianto kompak memberikan kritik kepada program pendidikan yang saat ini dijalankan Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Baca Juga :


PAN Umumkan Capres-Cawapres yang Diusung Bulan Agustus

Kritik dari dua kandidat capres itu hadir seusai mengikuti puncak kegiatan Belajarraya 2023 di Pasar Baru, Jakarta Pusat pada Sabtu, 29 Juli 2023.

Anies memulai kritik program pendidikan yang digodok era pemerintahan Jokowi dengan menilai tak adanya keterlibatan masyarakat dalam bidang tersebut.

Baca Juga :


Ganjar Pastikan Lanjutkan Program Jokowi: Tidak Mungkin Dihentikan

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Jokowi hanya mempedulikan pembayaran pajak publik dibanding melibatkan masyarakat dalam program-program pemerintahannya termasuk bidang pendidikan. 

Baca Juga :


Prabowo Dinilai Kuatkan Persepsi Publik Soal Pemimpin ke Depan yang Diinginkan Jokowi

Bahkan, eks Mendikbud RI ini menyebut gaya kepemimpinan Jokowi berbanding jauh dengan Presiden ke-1 RI sekaligus Bapak Proklamator, Soekarno. 

“Saya waktu itu ketika memulai indonesia mengajar, kami eksplisit menyampaikan pendidikan bukan sebagai program, pendidikan sebagai gerakan. Lalu ingat pemberantasan buta huruf? Itu nanti teman-teman boleh Google. Kalau ada foto Soekarno di papan tulis menulis A, I, U, E, O tahun 47 atau 48. Lalu banner di atasnya itu tulisannya menarik sekali. Kalau pemerintah biasanya bikin acara ‘Dengan semangat ini ini’. Ini enggak, ‘Bantu Kami Berantas Buta Huruf’,” kata Anies dalam pemaparannya pada kegiatan tersebut. 

Halaman Selanjutnya

“Kata pertamanya ‘bantu’, hari ini negara sekarang bilang ‘anda diam saja, kami saja yang kerjakan semuanya. Anda bayar pajak, anda nyoblos pemilu, tetapi enggak harus terlibat’. Yang ini harus dirubah, ‘bantu kami terlibat dan kemudian muncul gerakan untuk pendidikan. Ruangnya itu dibuka,” sambungnya.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *