Pasang Poster Aktris Tanpa Hijab, Iran Larang Festival Film Digelar

Pasang Poster Aktris Tanpa Hijab, Iran Larang Festival Film Digelar

Senin, 24 Juli 2023 – 10:54 WIB

Iran – Pihak berwenang Iran telah melarang festival film yang mengeluarkan poster publisitas yang menampilkan seorang aktris yang tidak mengenakan jilbab, lapor media pemerintah.

Baca Juga :


Terungkap, Ini Alasan Nathalie Holscher Putuskan Lepas Hijab

Langkah tersebut dilakukan setelah Asosiasi Film Pendek Iran (ISFA) merilis poster untuk festival film pendek mendatang yang menampilkan aktor Iran Susan Taslimi dalam film 1982 The Death of Yazdgerd.

Kantor berita negara, IRNA, melaporkan pada pekan lalu: “Menteri Kebudayaan secara pribadi telah mengeluarkan perintah untuk melarang festival film ISFA edisi ke-13, setelah menggunakan foto seorang wanita tanpa jilbab di posternya yang melanggar hukum,” ujar pernyataan pemerintah, melansir The Guardian Senin, 24 Juli 2023.

Baca Juga :


Nathalie Holscher Jawab Soal Tuduhan Lepas Hijab Gegara Sule Hingga Tawaran DJ

Festival itu dijadwalkan akan digelar pada bulan September.

Aksi demonstrasi mendukung protes antirezim Iran di Los Angeles, Amerika Serikat

Baca Juga :


Cita Citata Pakai Hijab dan Tinggalkan Nama Panggungnya, Kini Jadi Cita Rahayu

Mengenakan jilbab yang menutupi kepala dan leher telah diwajibkan bagi wanita di Iran sejak tahun 1983, empat tahun setelah revolusi Islam. Namun, wanita Iran semakin mencemooh aturan berpakaian yang ketat sejak protes massal pecah September lalu yang menyerukan diakhirinya kewajiban mengenakan jilbab.

Protes selama berbulan-bulan dipicu oleh kematian seorang wanita Kurdi Iran, Mahsa Amini berusia 22 tahun, yang telah ditangkap oleh polisi moralitas, karena diduga melanggar aturan berpakaian.

Halaman Selanjutnya

Awal bulan ini, polisi mengatakan patroli polisi moral telah diluncurkan kembali untuk menangkap semakin banyak perempuan yang mengabaikan hukum. 

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *