Stok Air Bersih Menyusut, Balai Besar Sungai Tutup Kebocoran di Pintu Air 10 Cisadane

Stok Air Bersih Menyusut, Balai Besar Sungai Tutup Kebocoran di Pintu Air 10 Cisadane

Senin, 24 Juli 2023 – 10:23 WIB

Tangerang – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), melakukan penutupan stock block pada Pintu Air 10 Sungai Cisadane, Kota Tangerang, yang mengalami kerusakan, Senin, 24 Juli 2024.

Baca Juga :


Kejati Sulsel Temukan Dugaan Korupsi Proyek Bendungan Paselloreng Wajo

Proses penutupan itu dilakukan pada 4 pintu yang ada di Pintu Air 10 Sungai Cisadane Tangerang, yang sebelumnya jebol hingga membuat debit air di sungai tersebut menurun drastis.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, saat ini, pihak terkait tengah memperbaiki pintu air yang jebol. “Masih dalam perbaikan, dan kita harap bisa dengan cepat tertangani. Sejauh ini BBWSCC mengambil langkah sementara dengan melakukan stock block menutup pintu air yang jebol,” katanya.

Baca Juga :


Pintu Air 10 Cisadane Jebol, Pasokan Air Bersih di Tangerang Berkurang hingga 60 Persen

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tirta Benteng, Doddy Effendy mengatakan, pihaknya juga melakukan upaya lain untuk bisa menambah produksi air baku.

“Jadi, tidak hanya penutupan pintu air yang jebol, tapi, dilakukannya juga pengerukan sedimentasi seperti lumpur lalu, penyedotan air dengan mesin untuk menambah produksi air baku. Jadi, tidak hanya mengandalkan pada intake saja,” ujarnya.

Baca Juga :


Hari Pertama Masuk Sekolah, Wali Kota Tangerang Beri Dispensasi Pegawai Antar Anak ke Sekolah

Pintu Air Sungai Cisadane, Tangerang

Sebagai informasi, saat ini kondisi air baku di sungai tersebut semakin menurun, berdasarkan data yang diperoleh melalui pihak Perumda Tirta Benteng, untuk kondisi normal, air baku di hulu mencapai 2,5 hingga 3 meter. Namun saat ini, hanya mencapai 1,2 meter.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, terdapat empat pintu air di Bendungan Pintu Air 10, Pasar Baru yang mengalami kerusakan sehingga produksi air bersih untuk masyarakat Kota Tangerang, Banten mengalami penurunan.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *