Apa Itu Kurikulum Merdeka? Ini Pengertian, Tujuan dan Latarbelakangnya

Apa Itu Kurikulum Merdeka? Ini Pengertian, Tujuan dan Latarbelakangnya

Rabu, 12 Juli 2023 – 05:15 WIB

Jakarta – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Republik Indonesia Nadiem Makarim telah mengganti kurikulum pendidikan Indonesia menjadi Kurikulum Merdeka Belajar. Sebelumnya, Kurikulum Merdeka ini dikenal sebagai Kurikulum Prototipe.

Baca Juga :


Fakta-fakta Kurikulum Merdeka untuk Pulihkan Pendidikan Nasional

Nadiem mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka ini sudah mulai digunakan tahun ajaran 2022/2023 di jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA. Lantas, apa itu Kurikulum Merdeka? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Kurikulum Merdeka

Baca Juga :


Indonesia Terima Pengembalian 200 Lebih Harta Karun Era Kolonial dari Belanda

Implementasi Kurikulum Merdeka (sumber gambar: kemdikbud.go.id)

Dikutip pada situs resmi Kemendikbud Ristek, Kurikulum Merdeka atau sering disebut juga dengan Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam.

Baca Juga :


Kemenperin: SDM Industri Kompeten Dukung Peningkatan Ekonomi Daerah

Kurikulum Merdeka ini dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:

  • Fokus pada materi esensial sehingga pembelajaran lebih mendalam.
  • Waktu lebih banyak untuk pengembangan kompetensi dan karakter melalui belajar kelompok seputar konteks nyata (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).
  • Capaian pembelajaran per fase dan jam pelajaran yang fleksibel mendorong pembelajaran yang menyenangkan dan relevan dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan.
  • Memberikan fleksibilitas bagi pendidik dan dukungan perangkat ajar serta materi pelatihan untuk mengembangkan kurikulum satuan pendidikan dan melaksanakan pembelajaran berkualitas.
  • Mengedepankan gotong royong dengan seluruh pihak untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Halaman Selanjutnya

Latar Belakang Kurikulum Merdeka Belajar

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *