Sebagian Besar Masyarakat RI Tidak Paham Isu JETP, Padahal…

Sebagian Besar Masyarakat RI Tidak Paham Isu JETP, Padahal…

Rabu, 5 Juli 2023 – 22:59 WIB

JakartaCenter of Economic and Law Studies (Celios) mengungkapkan, sebagian besar masyarakat belum paham isu Just Energy Transition Partnership (JETP). Pengetahuan yang minim soal JETP membuat ruang partisipasi publik menjadi terbatas.

Baca Juga :


RI Cuma Terima Dana Hibah JETP US$160 Juta, Sekretariat: Masih Bisa Berubah

Direktur Eksekutif dan Ekonom CELIOS, Bhima Yudhistira mengatakan, itu menjadi tantangan tersendiri terkait pendanaan JETP atau transisi energi berkeadilan itu disepakati senilai US$20 miliar atau Rp 314 triliun.

“Meskipun JETP mengangkat terkait urgensi pensiun dini PLTU batubara dan percepatan transisi energi bersih, namun isu JETP masih belum dipahami sebagian besar masyarakat Indonesia,” kata Bhima di kawasan Tanah Abang, Jakarta Rabu, 5 Juli 2023.

Baca Juga :


Paris Summit 2023, Sri Mulyani Curhat Tantangan RI Pensiunkan PLTU Batu Bara

Presiden RI Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Seperti diketahui Indonesia memperoleh komitmen dana bantuan untuk membiayai program JETP tersebut sebesar US$20 miliar atau sekitar Rp 310 triliun. Komitmen pendanaan itu disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. 

Baca Juga :


Optimalisasi Gas di Era Transisi Energi, Penyediaan Infrastruktur Dinilai Harus Digenjot

Joe Biden mengatakan, akan memobilisasi dana tersebut dari negara G7 untuk mendukung Indonesia mengurangi emisi dan mengembangkan jaringan energi baru dan terbarukan (EBT) dan membantu mengurangi PLTU batu bara.

Berdasarkan sebaran wilayah, Bhima melanjutkan, informasi terkait JETP lebih dipahami oleh masyarakat di Bali dibanding daerah lain. Hal ini mengindikasikan bahwa informasi JETP lebih dikaitkan event G20, sehingga persebaran informasi tindak lanjut komitmen transisi energi berkeadilan dipersepsikan belum merata.

Halaman Selanjutnya

“Hasil survei menunjukkan pemahaman masyarakat mengenai JETP masih sangat rendah dan cenderung terpusat pada masyarakat di wilayah dan kelas ekonomi tertentu. Padahal masyarakat yang terimbas dengan adanya penutupan PLTU misalnya di Kalimantan sebagai pemasok batu bara dan di daerah tempat PLTU beroperasi perlu terlibat aktif dalam merumuskan program JETP,” ujarnya.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *