Mahfud Sebut Tiga Alasan Penting Aceh Lokasi Peluncuran Penyelesaian HAM Berat Masa Lalu

Mahfud Sebut Tiga Alasan Penting Aceh Lokasi Peluncuran Penyelesaian HAM Berat Masa Lalu

Selasa, 27 Juni 2023 – 15:11 WIB

Pidie – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan setidaknya ada tiga alasan mengapa Aceh dipilih menjadi lokasi peluncuran penyelesaian non-yudisial pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat masa lalu.

Baca Juga :


Penyidik PBB Ungkap Para Narapidana di Penjara AS Dapat Perlakuan Kejam

“Pertama, kontribusi penting dan bersejarah rakyat dan Provinsi Aceh terhadap kemerdekaan Indonesia,” kata Mahfud saat menyampaikan laporan dalam Peluncuran Program Pelaksanaan Rekomendasi Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat di Pidie, Aceh, Selasa, 27 Juni 2023, yang disiarkan langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Kedua, penghormatan negara terhadap bencana kemanusiaan tsunami 2004 di Aceh. Dan ketiga, respek pemerintah yang begitu tinggi terhadap proses perdamaian yang berlangsung di Aceh.

Baca Juga :


Jokowi Bertolak ke Aceh Luncurkan Program Penyelesaian HAM Berat Non-Yudisial

Ilustrasi-Aksi protes terhadap pelanggaran HAM di Indonesia

Photo :

  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

“Ketiga hal tersebut memiliki dimensi kemanusiaan yang kuat, relevan dengan agenda pemenuhan hak korban, dan pencegahan yang sudah, sedang, dan akan terus dilakukan,” kata Mahfud.

Baca Juga :


Ada Korban Pelanggaran HAM Rumoh Geudong Aceh Tolak Temui Jokowi

Acara itu dilangsungkan tepat di lokasi terjadinya Peristiwa Rumoh Geudong 1998-1999 yang menurut Mahfud akan direnovasi dengan pembangunan masjid atas permintaan masyarakat dan keluarga korban.

Halaman Selanjutnya

Selain itu lokasi tersebut nantinya akan dilengkapi Living Park yang juga memuat jejak sejarah yang tetap dipertahankan termasuk tangga serta dua sumur, sebagai pengingat dan pembelajaran bagi masyarakat.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *