Bank Indonesia Tahan Suku Bunga Acuan di 5,75 Persen, Ini Pertimbangannya

Bank Indonesia Tahan Suku Bunga Acuan di 5,75 Persen, Ini Pertimbangannya

Kamis, 22 Juni 2023 – 14:42 WIB

Jakarta –  Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada 21-22 Juni 2023 memutuskan untuk menahan suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate di 5,75 persen. Dengan demikian, BI telah menahan suku bunga acuannya sejak Februari 2023.

Baca Juga :


Baru Satu Tahun, Dana Kelolaan Layanan BTN Prioritas Ini Tembus Rp 43 Triliun

“RDG 21-22 Juni 2023 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Days Reverse Repo Rate di 5,75 persen,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 22 Juni 2023.

Adapun dengan tidak dilakukannya kenaikan suku bunga acuan tersebut, maka suku bunga deposit facility tetap sebesar 5,00 persen dan suku bunga lending facility di 6,50 persen.

Baca Juga :


Bos The Fed Sebut Kenaikan Suku Bunga AS Melambat, Rupiah Perkasa Pagi Ini

“Keputusan ini konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi terkendali dalam kisaran 3 plus minus 1 persen di sisa tahun 2023 dan tahun 2024,” jelasnya.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Baca Juga :


Ekonom Perkirakan BI Tahan Suku Bunga Acuan di 5,75 Persen

Perry menuturkan, fokus kebijakan diarahkan pada penguatan stabilisasi nilai rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor dan memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global.

“Kebijakan likuiditas dan makroprudensial longgar tetap dilanjutkan untuk mendorong penyaluran kredit atau pembiayaan dan tetap terjaganya stabilitas sistem keuangan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI, Teuku Riefky memperkirakan, BI pada rapat kali ini akan kembali menahan kebijakan suku bunga acuannya di 5,75 persen.

img_title



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *