Jelang Puncak Haji, Begini Skema Persiapan Tenaga Kesehatan di Armuzna

Jelang Puncak Haji, Begini Skema Persiapan Tenaga Kesehatan di Armuzna

Rabu, 21 Juni 2023 – 15:12 WIB

MEKKAH – Jemaah haji yang diberangkatkan tahun ini, sebanyak 67.000 adalah jemaah usia lanjut atau lansia. Jelang puncak haji 27 Juni 2023 di Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina), Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi serta Tenaga Kesehatan Haji mulai melakukan screening untuk mengkategorikan jemaah lansia dan risiko tinggi (risti) yang bisa  menjalani safari wukuf.

Baca Juga :


Tantangan Petugas Kesehatan Haji, Banyak Jemaah Derita Komorbid Berat Sejak dari Tanah Air

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Liliek Marhaendro Susilo mengungkapkan dari jumlah jemaah lansia dan risiko tinggi sangat banyak sekitar 70-75 persen. “Sehingga kita screening ada 50 jemaah di setiap kloter yang risti yang dipantau. Kemudian discreening lagi untuk masuk kategori safari wukuf nantinya,” kata Liliek, Selasa, 20 Juni 2023.

Untuk pelaksanaan Armuzna ini pihak petugas kesehatan melakukan koordinasi dengan para pembimbing ibadah, kepala sektor hingga kepala rombongan.  Tak hanya melakukan screening, pihaknya juga tak henti mengingatkan para jemaah untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar karena suhu di kawasan Mekkah mencapai 45 derajat Celcius. 

Baca Juga :


Tim 8 Sebut Nama Bakal Cawapres Sudah di Tangan Anies Baswedan, Tinggal Tentukan Waktu Deklarasi

“Kita ingatkan jangan lagi banyak aktivitas di luar karena suhu cukup tinggi di Mekkah perlu diwasapadai agar jemaah tidak sering terpapar sinar matahari. Cukup beraktivitas di penginapan saja. Ibadah juga kan ada di hotelnya. Ini kita minta agar di hotel saja. Ibadah sunah juga mulai dikurangi,” kata Liliek lagi. 

Baca Juga :


Mengapa 1 Zulhijjah Indonesia dan Arab Saudi Berbeda? Ini Kata UAS

Liliek juga tak bosan mengingatkan, yang harus jadi tujuan utama para jemaah adalah pelaksanaan puncak haji, agar pada saat berada di Armuzna, jemaah dalam keadaan sehat dan bugar. Untuk mengantisipasi banyaknya jemaah yang sakit dan kelelahan sejumlah tenaga kesehatan juga mulai disiagakan di kawasan Armuzna. 

Di Arafah nakes dari Bandara dan dari Emergency Medical Team (EMT) serta tenaga Promosi Kesehatan juga telah disiapkan. Bahkan akan didirikan pula pos kesehatan di sekitar tenda jemaah yang dinamakan pos satelit. Akan ada 20 bed yang disediakan untuk jemaah yang perlu perawatan.

Halaman Selanjutnya

“Apalgi yang heat stroke ada tempat pemulihan. Itu pos kesehatan yang besar. Sementara pos kesehatan satelit itu menyebar di dekat-dekat tenda itu ada 5 pos satelit yang akan kita tempatkan dan dari pemerintah Saudi juga akan ada pos kesehatan sehingga jemaah bisa mengakses,” katanya lagi. 



Source link

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *